Selasa, 02 April 2013

Single Forever

Judulnya sedikit kontroversial :p I know, tapi sebelum kalian merajam aku dengan batu, itu adalah judul dari kotbah Ps. Jeffrey Rahmat, gembala senior di JPCC, Jakarta :p heheheh~ Isi kotbahnya bagus banget, sangat recommended bagi yang galau masalah PH hahahah~ So, sebelum merajamku, dengerin dulu kotbahnya :D

BTT, akhir-akhir ini aku mendengar beberapa berita yang cukup menyedihkan. Salah seorang temenku yang sempat magang di rumah sakit jiwa cerita bagaimana banyak anak muda masuk kesana karena diputus pacar. Tidak hanya itu, temanku yang lain juga cerita tentang bagaimana dia menemukan seorang anak muda masuk UGD karena menegak obat serangga, alasannya? Lagi-lagi karena diputus pacar.... Rasanya sungguh ironis mendengar dua berita tersebut. Masa muda adalah masa terbaik dimana kita dapat mempersembahkan hidup kita kepada Tuhan dengan sepenuh hati. Waktu dan tenaga kita masih sangat melimpah dan bisa banyak melakukan pekerjaan Tuhan, sangat disayangkan kalau masa yang begitu indah kita sia-siakan di rumah sakit jiwa ataupun di UGD....

Mungkin tidak semua orang mengalami kasus di atas, tapi betapa banyak dari kita menginvestasikan waktu di hal yang salah, salah satunya adalah dengan komitmen untuk berpasangan di usia yang terlalu dini dimana banyak dari kita lebih menggunakan perasaan dan pilihan kita yang labil daripada menggunakan logika dan kesiapan hati :) kebanyakan kita sudah menaruh waktu, air mata, perasaan dan kebebasan kita mengembangkan talenta untuk sesuatu yang sementara. Talenta kita akan sangat berguna ketika kita semakin dewasa sementara komitmen yang salah hanya membawa kita pada perasaan yang hancur dan hati yang terluka. Ingat, waktu adalah hal yang sangat berharga yang tak layak untuk disia-siakan :)

Lalu, apa yang perlu kita ketahui sebelum memulai hubungan serius? Disinilah judul postingan ini dijelaskan.

Sebelum kita berpasangan kita memiliki kehidupan single. Nah kesalahan terbesar dari pikiran kita adalah definisi single yang berarti sendirian, tidak utuh, sehingga beberapa orang mengharamkannya :p justru sebaliknya, single adalah pribadi yang penuh, utuh. Cek saja di kamus Oxford :) heheheh~ menjadi single bukan berarti kita produk gagal. Single berarti kita sanggup mencukupi kebutuhan intelektual, spiritual, finansial dan emosianal kita tanpa bergantung pada orang lain. Selama seseorang belum mencapai tahap single dalam hidupnya, mereka tidak akan sanggup membangun hidup berpasangan karena hubungan yang terjalin adalah hubungan yang tidak sehat dan saling menyedot energi satu sama lain sehingga pada akhirnya, mereka akan kelelahan, burn out, habis dan membuka peluang untuk mencari sumber pemenuhan yang lain. Akibatnya, selingkuh.... Atau yang terjadi seperti kasus di atas, karena seseorang tidak single, dia menaruh pemenuhan kebutuhannya pada pasangannya sehingga ketika pasangannya meninggalkan dia, dia akan desperate, kosong, sehingga muncullah sebuah lagu lawas, "bila kau mati, ku juga mati."

Single juga berarti mengerti tujuan hidupnya. Tahu siapa dirinya dalam Tuhan, tahu identitasnya dan untuk apa dia hidup :) Ini penting sekali dan harus kita ketahui. Sebelum mencari pacar, lebih baik kita mencari tahu tujuan hidup kita :) kalau tidak, berabe. Kita akan menjadikan pasangan kita sebagai tujuan hidup kita, dan ketika dia pergi, bum! Kita pun terkapar di UGD karena usaha bunuh diri atau rumah sakit jiwa karena depresi berkepanjangan. Menemukan visi juga penting sebagai saringan dalam mencari pasangan hidup :) karena kita tidak mungkin berjalan ke arah berlawanan dengan pasangan kita. Pastikan visi kita dan pasangan kita sama, agar kita dapat mengeliminasi salah satu faktor konflik dalam rumah tangga :) kita pacaran untuk menikah dan menikah sekali untuk selamanya kan? Bila partner bisnis saja sangat berhati-hati menjalin kerjasama, apalagi bila kita mencari partner hidup? :)

Single bukan status tapi keadaan seseorang. Tidak salah bila Ps. Jeffrey menamakan kotbahnya Single Forever karena sebelum atau sesudah berpasangan, kita adalah pribadi yang utuh :) bahkan ketika suatu hari pasangan kita dipanggil Tuhan lebih dahulu. Hanya orang yang single yang sanggup berdiri tegak walau merasakan kehilangan yang luar biasa. Postingan ini, bukan hanya untuk orang lajang tapi juga untuk yang berpasangan ;) hehehe~ Tapi aku sangat-sangat terbeban dengan para remaja :( miris sekali melihat masa muda mereka diinvestasikan pada hal yang salah dan pada orang yang salah :(

Jika kalian ada yang membaca postingan ini dan kalian masih berumur belasan tahun, ingatlah, waktu-waktu kalian akan segera berlalu, gunakan dengan bijak ;) heheheh~ Kuharap aku bisa menjelaskannya dengan lebih baik :( yah, sampai aku menemukan kata-kata yang lebih bagus, nikmati saja postingan ini ;)

Btw, happy easter! Aslinya aku mau posting tentang paskah :3 tapi ditengah-tengah mengetik, aku kehilangan moodnya =.= ya sudahlah! Tidak ada Tuhan yang mau mengorbankan diriNya bagi manusia. Ingatlah selalu bahwa salibNya cukup bagi kita! :D Have a blast day!

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Everything But Ordinary, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena