Minggu, 03 Juni 2012

(V)+Mission Day

From Indonesia to the Nations

Hi all!!! Good to see you again :D heheheh~ As I promised, I will shed some report from Mission Day in AoG yang bagiku bukan cuma sekedar Mission Day tapi juga Vision Day dimana Tuhan juga menyatakan serta meneguhkan apa yang Dia kehendaki dalam hidupku :) I wish I could tell you all I got, but well, semua orang punya pengalaman yang berbeda :D heheheh~

Akhir-akhir ini Tuhan banyak berbicara tentang visi kepadaku, mulai dari temen-temen blogger sampai kotbah di Gereja pun sering menemplak-nemplak kalau menyangkut yang satu ini. Satu hal yang perlu kita sadari adalah bahwa Visi itu sangat penting dalam hidup kita. Tanpa visi, semua kehidupan kita ga punya tujuan, ibarat seperti kapal induk yang sudah dibekali dengan ratusan senjata untuk perang tapi kehabisan bahan bakar di lautan karena tidak tahu harus menyerang kemana. Sounds so pathetic, tapi itulah yang akan terjadi pada kita bila kita tidak memikirkan secara serius tentang hidup kita. Apa yang ingin kita capai, dan terlebih penting lagi, apa yang ingin Tuhan capai dalam hidup kita. Tanpa itu, seluruh potensi kita akan terkubur bersama dengan habisnya nyawa kita di dunia. Tak jarang juga aku melihat orang yang dulu berapi-api kemudian menjadi lesu karena dia tidak tahu apa yang ingin dia capai dalam hidupnya. Kalau sudah kayak gitu rasanya pingin banget nampar-nampar anak itu sampai sadar hahahah~ Atau lebih realistis, nyodorin buku The Purpose Driven Life nya Rick Warren ke dia hahahah~ (Btw, aku sendiri juga belum baca tuh buku, ada yg tergerak minjemin? *kedipin mata* )

Dari pengalamanku pribadi, aku sudah menggumulkan hal ini sejak pertama kali aku bertobat tiga tahun lalu dan Tuhan pun menjawabnya dengan sangat luar biasa :D I will share it later, pertama-tama kita simak apa yang dikatakan Ko Philip dalam Mission Day tanggal 14 April 2012 :)

Bacaan yang diambil dari Yohanes 20: 11-18 dari bacaan tentang Maria yang bertemu Tuhan Yesus Ko Philip menyampaikan 3 poin utama:

1. Misi utama kita adalah Mencari Yesus

Disini Ko Philip menekankan pentingnya membangun hubungan pribadi dengan Tuhan diatas segala yang Tuhan percayakan pada kita. Diambil dari sikap Maria yang tetap mencari Kristus walaupun dihadapannya telah ada dua malaikat untuk menjawabnya. Misi kita yang terutama di bumi ini bukan memenangkan bangsa-bangsa atau melakukan hal-hal spektakuler atau berkat tapi adalah untuk membangun hubungan kira dengan Tuhan. So, benar-benar anggap serius yang satu ini. Ini adalah sumber dari segala sesuatu yang akan kita dapatkan.

2. Memberi diri pada Tuhan

Poin kedua adalah melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh. Maria menawarkan dirinya untuk mengangkat m`yat Yesus walaupun tidak mungkin seorang wanita mengangkat tubuh seorang pria. Disini ditekankan bahwa kita memiliki hati yang tidak hitung-hitungan dengan Tuhan, yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi Tuhan tanpa memperhitungkan apa yang bisa kita dapatkan dari Tuhan. Melayani dengan sepenuh hati. Bukankah Tuhan telah mati demi kita? Maria tetap mau melayani Kristus walaupun saat itu dia tahu Kristus telah mati apalagi kita yang sudah tahu Kristus bangkit dan kita memiliki janji kekal dalam penebusanNya? :)

3. Membagi Kristus

Saat Kristus bertemu dengan Maria, Tuhan Yesus berkata "Jangan sentuh Aku" dalam bahasa aslinya, kalimat tersebut lebih bermakna, jangan tahan Aku. Disini kita ditantang untuk bukan hanya menyimpan Kristus bagi diri sendiri tapi juga membagikan Dia kepada orang lain yang memerlukan Dia :D 

Pesan di atas mungkin sederhana bagi kalian yang sudah mengikut Kristus cukup lama tapi kalau dipikir-pikir memang benar. Saat aku pertama kali bertobat Tuhan tidak langsung memberikan sebuah visi secara spesifik, yes, aku tahu aku akan dipakaiNya untuk perkara-perkara hebat yang sudah Dia rencanakan tapi Tuhan hanya menanamkan poin pertama itu dalam hidupku :) and then my journey begin with Him :D Tuhan rindu anak-anakNya mencari Dia lebih lagi untuk mengerti isi hatiNya tentang mereka. So, visi kita yang utama adalah mencari Tuhan. Itu lebih penting daripada sekedar mendapatkan visi tentang apa yang harus kita lakukan di dunia. Dengan mencari Tuhan, kita pasti akan menemukan hal-hal lain seiring dengan perjalanan kita ke dalamNya. Yang belum mendapatkan visi spesifik tentang hidupnya, kita masih bisa melakukan visi kita yang satu ini :D

Oke, bersabar sebentar lagi, aku akan membagikan apa yang disampaikan di Gerejaku tadi :D and tebak, lagi-lagi menyinggung visi :D aku akan tulis singkatnya saja.

Cara agar kita bisa tekun:
1. Mendapatkan visi dari Tuhan
2. Memutuskan untuk mengejar visi itu
3. Memiliki semangat untuk melakukannya.

Poin pertama dan kedua adalah upaya kita yang terus meminta Tuhan menyatakan visiNya dalam hidup kita dan kita sendiri yang harus memutuskan untuk melakukan apa saja yang diperlukan untuk visi itu. Sedangkan poin ketiga adalah meminta Roh Kudus untuk masuk ke dalam hati kita dan senantiasa membakar hati kita untuk melakukan hal-hal yang dibutuhkan demi tercapainya visi Tuhan. Saat kita merasa malas, saat itulah kita kehilangan visi kita atau kehilangan Roh Kudus dalam hidup kita. 

Menurutku yang disampaikan di atas juga benar karena orang yang memiliki visi dan Roh Kudus dalam hatinya adalah orang yang senantiasa bergerak untuk mewujudkan visi tersebut. Istilah kasarnya, selalu saja ada yang bisa dia lakukan. Waktu-waktu dalam hidupnya tidak terbuang sia-sia namun tetap dalam jalur Tuhan dan tidak membuang tujuan utama dalam hidupnya yaitu mencari Tuhan.

So, bagi kalian yang saat ini merasa malas, bingung mau ngapain, mungkin ini adalah saat dimana kalian masuk ke kamar doa kalian dan meggedor pintu Surga sampai Tuhan menjawab apa yang ingin Dia lakukan dalam hidup kita. Jika visi yang Tuhan kasih terlihat tidak masuk akal, Puji Tuhan, berarti itu benar-benar dari Dia karena Tuhan yang luar biasa tidak akan merencanakan sesuatu yang biasa saja :D hehehehe~ 

Sedikit sharing, setelah tiga tahun bergumul, akhirnya Tuhan menyatakan apa yang ingin Ia kerjakan dalam hidupku dan dimana aku ditempatkan. Dulu, aku sempat clueless mau ngapain, semua pelayanan aku sabet, pernah kepikiran jadi WL, pendoa, bahkan full timer untuk Tuhan. But well, itu adalah masa-masa yang menyenangkan :D setiap proses Tuhan dalam hidupku adalah baik dan indah :) setelah Tuhan menyatakan kehendakNya aku semakin semangat untuk melihat kehendakNya jadi! Ooh! Api itu semakin terbakar di dalam benakku, nyaris tidak kutemukan waktu untuk bersantai :D walau yah, aku juga tahu diri dengan mengambil sabat-sabat yang dibutuhkan oleh tubuhku heheheeh~ Aku tidak mau mati muda tentu saja :D 

Benar-benar hidup kalian tidak akan pernah sama lagi sejak kalian menemukan kehendak Tuhan dalam hidup kalian! Gairah kalian pada Tuhan tidak akan mudah padam dan kalian akan semakin giat berbuah untuk Kerajaan Surga!

Ini sebagian kecil dari visi yang Tuhan berikan padaku :)

Yesaya 49: 6 "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku,   untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara.  Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang   bagi bangsa-bangsa  supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." 


Have fun in find your vision! Have a blessed day!


Cerita singkat tentang bagaimana ko Philip menyelesaikan tugasnya di Taiwan

Disclaimer: All Photo are mine, taken with Pentax Pocket Camera, Edited with PIXLR by Photobucket.com


0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Everything But Ordinary, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena